Thursday, December 10, 2009

Grafis Desain


Pasti kita sudah ga asing lagi kan dengan kata Desain Grafis atau Design Graphic, tapi bagi yang belum kenal....silakan terusin baca postingan ini :) <




Kalo kemarin kita udah kenalan sama digital imaging, video editing, sekarang kita kenalan lagi sama design graphic, sebenarnya sebelum istilah multimedia design muncul, design graphic udah ngetop duluan loh...apalagi jaman saya sma dulu, jadi graphic designer termasuk profesi yang beken n gajinya gede :)

Graphic Design ini juga bagian dari pilihan fokus karir yang ada di dalam digital multimedia design, karena hari genee...jadi graphic designer dituntut untuk lebih banyak menguasai program-program graphic design dan digital printing, supaya nilai jual kita jadi lebih tinggi...iya kan :)



Graphic Designer adalah orang yang dapat memadukan unsur digital design dan seni graphic. Seorang Graphic Designer dapat berprofesi di dunia desain printing, illustrasi dan web design. Sekarang sudah banyak sekolah formal dan tempat kursus yang menawarkan belajar design graphic, terserah kita memilihnya saja...mau punya pilih yang tingkat sarjana atau diploma aja.



Saran saya, kalau memang berminat dan tertarik dengan dunia design graphic ini, jadilah graphic designer yang komplit, pelajari semua ilmunya jadi peluang kita untuk bekerja semakin luas dan borderless alias bisa kerja di Indonesia tapi gajinya dollar :) bener loh, sekarang banyak banget perusahaan asing di luar negeri, bukan cuma Amerika aja ya..yang menawarkan project graphic design ke para designer profesional di seluruh dunia. Makanya semakin banyak kita menguasai ilmu, semakin banyak kesempatan yang bisa kita raih :)



Desainer Grafis harus dapat memecahkan masalah komunikasi visual serta tantangannya. Dalam melakukannya, Desainer Grafis harus dapat mengidentifikasi masalah, mengumpulkan dan menganalisis informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut, dan menghasilkan pendekatan potensi yang bertujuan untuk solusi.
Desainer grafis harus memahami norma-norma sosial dan budaya dari penonton dalam rangka untuk mengembangkan solusi visual yang dianggap relevan, dimengerti dan efektif.
Desainer grafis juga harus mempunyai pemahaman yang menyeluruh mengenai produksi dan metode rendering. Beberapa teknologi dan metode produksi menggambar, offset printing, fotografi, waktu dan media berbasis interaktif (film, video, komputer multimedia). Kadangkala jasa desainer grafis juga dibutuhkan untuk mengatur warna pada beberapa media yang berbeda.

Sebagai ilustrasi aja, kalau bingung mau mulai dari mana....mungkin bisa dengan memulai latihan beberapa program aplikasi berikut:
- Photoshop
- Freehand,atau
- CorelDraw, atau
- Illustrator
- InDesign
- Photoshop for printing
masih banyak sih sebenarnya...tapi untuk pemula, cukup ini dulu deh, yang penting jangan pernah berhenti belajar, karena ilmu selalu bertambah setiap detik :)

Selamat belajar ^_^

No comments: