Tuesday, January 26, 2010

10 karir IT paling dicari 2010



Wahh lama juga yah saya ga nulis di blog ini :) ga kerasa udah masuk hari ke 26 tahun 2010 aja. Postingan kali ini saya mau sharing info yang saya dapat dari newsletter Global Knowledge yang udah saya ikuti sejak setengah tahun lalu. Tulisan ini saya adaptasi dari tulisannya Linda Leung, mengenai 10 top karir IT yang paling dicari di seluruh dunia di tahun 2010. So...enjoy reading :D <


Bicara karir di dunia Teknologi Informasi di tahun 2010, saya tertarik banget untuk berbagi informasi ini, karena dari hasil browsing selama ini, saya fikir karir di dunia ini bener-bener udah ga terbatas lagi,jadi bagi temen-temen yang tertarik dengan dunia ini,peluang kerjanya bakalan luas banget...ga terbatas di Indonesia aja,selama kita ahli di bidang ini, maka dunia akan mencari anda :-D

1. PROJECT MANAGEMENT:
Setelah keluar dari resesi ekonomi, perusahaan-perusahaan tidak mungkin mau kembali membuang waktu dan uang untuk inisiatif di bidang TI atau mengambil risiko dan menggunakan tanpa pemikiran yang cermat dan perencanaan. Perusahaan akan menekan TI untuk hanya melaksanakan proyek-proyek yang dapat menunjukkan pengembalian riil-on-investasi. Langkah pertama untuk mencapainya adalah dengan adanya profesional perencanaan dan pelaksanaan proyek yang baik.

Keterampilan manajemen proyek sering muncul dalam daftar top 10 keahlian profesi, mungkin karena beberapa perusahaan banyak mengalami kerugian akibat kurangnya kontrol pelaksanaan proyek-proyek TI seperti inisiatif perencanaan sumber daya perusahaan. Dan bagi manajer proyek, meskipun profesi matang (dalam istilah TI), masih punya pr pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan status mereka dalam perusahaan. Menurut sebuah artikel di Lembaga Manajemen Proyek situs Web, manajer proyek harus selau mengembangkan keterampilan, kepemimpinan organisasi, dan profesionalisme individu

2. KEAMANAN/SECURITY
Seperti permainan kucing dan tikus yang tidak pernah berakhir, tahun 2009 lalu terbukti menjadi tahun yang cukup sibuk. Menurut Symantec Security dan Storage Trend to Watch melaporkan, jumlah pesan spam yang berisi malware meningkat sembilan kali lipat, mewakili lebih dari 2% dari e-mail, sementara penjahat dimanipulasi orang lain kasih situs jaringan sosial untuk memulai serangan. Twitter, misalnya, menghabiskan sebagian besar tahun 2009 melawan serangan DDoS dan lainnya.

Symantec memprediksi pada tahun 2010 ini kurang lebih sama, dan memperingatkan bahwa penyerang akan terus menggunakan rekayasa sosial untuk sampai ke data sensitif konsumen dan hacker akan menggunakan Windows 7 sebagai satu tantangan untuk mencari dan mengeksploitasi kelemahan pada platform baru. Symantec juga mengatakan bahwa Mac dan smartphone juga akan dijadikan target utama (menurut penulis malware).

Karena itu, banyak perusahaan akan terus mempekerjakan profesional security. Yang paling dicari tentu saja yang mempunyai keahlian keamanan informasi manajemen risiko, operasi keamanan, sertifikasi dan akreditasi, praktek manajemen keamanan, dan arsitektur dan model keamanan, menurut survei tahun lalu sudah ada sekitar 1.500 profesional security yang disahkan oleh penyedia sertifikasi keamanan ISC2. Dan 2010 adalah diharapkan akan menjadi tahun sibuk bagi para profesional security.

3. ADMINISTRASI JARINGAN
Keahlian administrasi jaringan tidak pernah kehilangan tempat. Bidang ini menjadi keahlian kedua yang paling dicari sesuai survey Global Knowledge dan keahlian yang dicari nomor satu di kwartal pertama 2010 oleh CIO, menurut survey kepala IT Robert Half Technology. Tahun 2010 ini, perusahaan diharapkan untuk meng-upgrade ke Windows Server 2008 R2 dan Windows 7 klien, juga mungkin menginstal Exchange Server 2010 dan SharePoint 2010. Oleh sebab itu banyak perusahaan akan membutuhkan administrator jaringan untuk memastikan lalu lintas jaringan dapat terus bergerak tanpa hambatan

Sementara itu, Cisco berharap dapat mendorong lebih banyak data-intensif lalu lintas kedalam jaringan perusahaan. Video menjadi fokus utama untuk Cisco pada tahun 2010 ini, setelah menyelesaikan kontrol pembuat video conference TANDBERG yang disuplai oleh tahun 2009 oleh Pure Digital. Dan pada akhir tahun lalu Cisco memperkenalkan dua sertifikasi TelePresence: Solusi TelePresence Cisco Spesialis untuk midcareer insinyur bidang suara dan jaringan yang mencari spesialisasi di perencanaan, perancangan dan pelaksanaan Cisco TelePresence. Dan Spesialis Instalasi TelePresence ditujukan untuk teknisi instalasi

3. VIRTUALIZATION - CLOUD
Dengan Virtualization atau cloud computer diproyeksikan banyak perusahaan dapat menghemat biaya dan efisiensi. Memang dengan adanya ruang pada cloud computer komputasi awan sekarang ini agak sulit bagi perusahaan untuk menemukan profesional dengan pengalaman yang relevan substansial. Alih-alih mempekerjakan arsitek TI yang dapat menggambar berbagai keahlian TI untuk perusahaan, termasuk penyimpanan, jaringan dan desktop, merujuk pada sebuah artikel Dunia Jaringan. Awalnya perusahaan mungkin akan menetapkan satu tim lintas fungsional untuk membeli software dan mengimplementasikan virtualisasi, tapi akhirnya cloud computing akan menjadi satu keahlian penting yang diharapkan dari sistem administrator. Dan dalam beberapa tahun kedepan, akan menjadi satu keterampilan standar yang harus dikuasai oleh seorang profesional dibidang TI. Karena bidang ini menyentuh semua aspek lain dalam dunia TI.

Untuk detail informasi mengenai vsertifikasi irtualisasi terkemuka dari vendor software virtualisasi VMware, Citrix dan Microsoft, bisa mengunjungi website Global Knowledge

5. ANALISIS USAHA:
Peran analisis bisnis lumrah terjadi dalam banyak organisasi di tahun 1990-an, misalnya untuk proyek-proyek besar, yang butuh inisiatif perencanaan sumber daya perusahaan dan pemikiran kritis analis bisnis untuk memberi keuntungan perusahaan. Namun ternyata pergerakan bisnis berjalan sangat cepat, dan membuat analisis bisnis mulai terlupa dan berjatuhan di pinggir jalan. Tapi kemudian faktor-faktor seperti kemerosotan ekonomi dan perubahan peraturan memaksa perusahaan untuk mengambil langkah mundur dan mereka lebih memikirkan masalah-masalah bisnis dengan solusi terbaik , dan hasilnya para analisis bisnis yang cerdas kembali memperoleh pekerjaannya. Kathleen Barret, presiden dari International Institute of Business Analisa mengatakan bahwa disiplin keras adalah harus ditingkatkan.

The IIBA menggambarkan tugas BA adalah sebagai "penghubung antar stakeholder dalam rangka untuk memperoleh, menganalisis, berkomunikasi, dan memvalidasi perubahan persyaratan untuk proses bisnis, kebijakan, dan sistem informasi." Profesional IT adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan BA, karena mereka memiliki perspektif yang luas bagi sebuah bisnis perusahaan, kata Barret.
Ada tiga jenis BA: BA perusahaan yang mengidentifikasi peluang untuk perubahan bisnis dan menentukan pekerjaan yang harus dilakukan; BA transisi, yang menentukan rencana dan irama kerja, BA proyek adalah yang bekerja pada tim proyek yang melaksanakan perubahan. Gaji tahunan rata-rata sekitar $ 75.000 dengan transisi analis perusahaan, bahkan bisa menghasilkan lebih banyak lagi, ujar Barret.

6. BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
Munculnya manajemen proyek dan kemampuan analisis bisnis yang dalam daftar keterampilan ini, tentu tidak mengherankan karena keduanya berjalan saling berdampingan. Karena Analis bisnis bekerja mengenali bidang-bidang untuk perbaikan proses bisnis, sementara perbaikan proses bisnis atau manajemen profesional BPM menggunakan teknik dan teknologi untuk membantu perusahaan mengoptimalkan proses bisnis mereka.

Baru-baru ini sebuah survey BPM yang dilakukan oleh para peneliti TI, Aberdeen Group mengatakan bahwa alasan utama mengapa perusahaan mengemudian aktivitas bisnis menggunakan BPM adalah untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan arus kas. Namun, yang menjadi halangan utama adalah kurangnya pengetahuan tentang BPM. Menurut Gartner, kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses dalam menjalankan BPM meliputi keterampilan, peralatan dan aset proses, dan transformasi keahlian.

7. WEB DEVELOPMENT
Jika Anda atau teman- teman anda ketagihan dengan permainan Farmville di Facebook, maka anda dapat merasakan kekuatan pengembangan Web. Hanya dalam beberapa bulan, popularitas Farmville telah menyebar di seluruh dunia, dan penggemar Facebook cenderung menyandu dengan pertanian mereka, bahkan membeli barang-barang virtual. Permainan, termasuk pengembang lainnya Farmville Zynga, telah menjaring start-up lebih dari 200 juta pengguna unik bulanan untuk aplikasi online-nya. Salah satu analis keuangan berpendapat Zynga bisa bernilai $ 1 miliar pada pertengahan 2010 nanti.

Pengembangan permainan ekstrem di Facebook, hanyalah salah satu dari luas pengembangan spektrum Web. Membangunan aplikasi iPhone juga bisa sangat menguntungkan, penulis pengembang Web dan blogger Glen Stansberry. Sebagai moderator dari Switch Freelance board, Stansberry menyantumkan pengembangan populer lainnya termasuk keterampilan pengembangan pengetahuan Web Framework , pengembangan widget, kustomisasi sistem manajemen konten (untuk usaha kecil yang mencaritampilan yang unik untuk standar mereka blog Wordpress dan Drupal), dan membuat Plugin Javascript.

8. DATABASE MANAGEMENT
Database adalah jantung dari sistem bisnis utama yang mengemudikan penggajian, manufaktur, penjualan, proses transaksi, dan banyak lagi. Seorang programer harus dapat membangun program yang cepat dan efisien dengan sistem manajemen database (DBMS), sedangkan database administrator "harus bisa membawa kekuatan penuh fitur database untuk menanggung masalah bisnis", penulis Oracle dan IBM-bersertifikat DBA Howard Fosdick dalam papernya Database Keterampilan Ketersediaan: Critical to Your Selection Database. " keahlian DBA dapat menjadi dasar Achilles database, karena banyak proyek TI yang gagal karena ketidakmampuan untuk memperhankan programer berbakat DBA yang mampu menangani masalah," ia menambahkan.

Vendor database besar seperti IBM, Oracle dan Sybase telah mengeluarkan sertifikat khusus database manajemen bagi anda yang berminat menjadi sistem manajemen database.

9. WINDOWS ADMINISTRASI
Seperti disebutkan sebelumnya, tahun 2010 ini Microsoft diharapkan untuk meng-upgrade Windows Server 2008 R2 dan Windows 7 clien, dan mungkin juga menginstal Exchange Server 2010 dan SharePoint 2010. keterampilan administrasi Windows akan menjadi kunci untuk banyak perusahaan untuk menerapkan dan meningkatkan pemeliharaan sistem yang ada.

Sertifikasi Microsoft Windows Server 2008 pada tingkat MCTS difokuskan pada konfigurasi untuk Active Directory, jaringan, dan aplikasi. Sertifikasi tersedia untuk tingkat MCITP Administrasi Server Server 2008, Enterprise Administrasi. Dalam posting blog bulan November di Microsoft's Born to learn blog, perusahaan menulis bahwa yang pertama virtualisasi Windows Server 2008 ujian akan segera memasuki beta. Ujian akan mencakup virtualisasi server, desktop virtualisasi, dan virtualisasi administrasi. profesional Windows 7 akan mendapat sertifikasi sebagai MCTS: Windows 7 - Konfigurasi, dan MCITP: Enterprise Desktop Administrator 7.

10. DESKTOP SUPPORT
Dalam artikel terbaru Global Knowledge "Top Certification on Demand Today" desktop support terdaftar sebagai top skill. Pada 2010 Global Knowledge salary survei, bidang itu disebut masuk daftar 10 besar keahlian paling dicari tahun ini. Dalam artikel bulan Juni, yang dikutip Direktur Eksekutif Dave Willmer dari Robert Half Technology, mengatakan bahwa dunia bisnis akan membutuhkan personail desktop support untuk mendukung pekerja-pekerja yang baru mulai bekerja dalam rangka peningkatan ekonomi. Pengenalan Microsoft Windows 7 ini juga diharapkan dapat menghasilkan tambahan minat bagi pencari kerja.

Saat ini Microsoft telah menyediakan MCITP: Consumer Support Technician, dan MCITP: Enterprise Support Teknisi sertifikasi, dengan standard dasar Windows Vista.

Itulan 10 hot IT job on Demang in 2010 menurut versi Global Knowledge...so bagi yang berminat, silakan mulai browsing pekerjaan yang saat ini sedang dibutuhkan di seluruh dunia ^_^ seperti biasa, jangan pernah berhenti belajar, asah terus ketrampilan kita dan jangan pernah takut bersaing dalam dunia global...selamat

2 comments:

chugy said...

Bisa di pertimbangkan dan di coba sambil nambah dulu ilmunya..........thanks udah sharing.

dediracyun said...

waw...............
informasi yang hangat......
cayoooooooooo....
:-)