Monday, August 3, 2009

Apa sih Digital Design itu?


Digital design...pasti anda sudah sering mendengar atau membaca kalimat itu, tapi masih bingung artinya apa..Digital design adalah semua jenis design yang dibuat/dikreasikan menggunakan komputer dan software kreasi digital. Kreasi-kreasi digital yang termasuk dalam bidang ini antara lain graphics design, illustrasi digital, web design, kreasi advertising, produk percetakan, video editing, visual effect dan juga animasi, baik yang 2D atau 3D. Gampangnya, semua kreasi yang dibuat dengan software design computer bisa dibilang sebagai digital design.

 

Menjadi digital designer saat ini adalah salah satu profesi yang sangat menjanjikan, karena pluang kerjanya sangat luas, tapi sayangnya di Indonesia tenaga terampil yang profesional dibidang digital design ini masih sedikit. Mungkin karena masih banyak orang yang berfikir digital designer kerjanya cuma bikin web atau design percetakan aja, padahal bukan cuma itu laoh...apalagi kalau seorang digital designer mau belajar banyak dan menguasai lebih dari dua program aplikasi, pasti lingkup kerjanya semakin lebar....karena dia bisa menjadi editor film, art director, motion designer ( profesi ini biasanya disebut special effect) atau animator. Orang-orang yang menguasai banyak aplikasi program ini yang kemudian disebut sebagai digital multimedia designer.

Multimedia Design sendiri dalam dunia digital merupakan sebuah tampilan hasil akhir dari perpaduan beragam olahan kreasi digital. Walaupun secara teroi digital multimedia design tidak terbagi-bagi dalam satu kategore tertentu, namun pada prakteknya, seorang praktisi yang bergerak dibidang digital multimedia design dapat memilih spesifikasi karir sebagai multimedia digital designer atau multimedia web designer atau interactive multimedia designer.  Untuk dua profesi terakhir, selain kemampuan desain, ia juga dituntut untuk dapat menguasai bahasa program juga. 

Kebanyakan para multimedia digital designer lebih senang bekerja sendiri atau tergabung dalam satu tim project saja, karena walaupun bekerja dengan perangkat modern, mereka bisa dibilang termasuk kelompok seniman juga, sebab biasanya mereka berkreasi berdasarkan mood dan imaginasi yang datang pada waktu yang tidak menentu, jadi sulit untuk bekerja dalam waktu yang berbatas. Oleh karena itu mungkin mereka jadi lebih nyaman bekerja secara independen. Memang tidak semua digital designer seperti ini, tapi rata-rata digital designer yang saya kenal cara kerjanya seperti itu, kaya seniman :)

Bidang digital design ini sangat menjanjikan loh, diluar negeri banyak sekali sekolah formal atau informal yang menjadikan bidang digital design sebagai fokus konsentrasi pendidikannya.  Untuk pendidikan formal rata-rata membutuhkan waktu dua sampai empat tahun untuk mendapat gelar dibidang digital design. Sedangkan untuk kursus bisa dimulai dari tiga sampai dua belas bulan tergantung konsentrasi bidang digital design yang diambil. Karena perkembangan ilmu dan teknologi digital design ini sangat cepat, bagi kita yang memang serius mendalami bidang digital design ini, harus selalu belajar kalau tidak mau ketinggalan dengan orang-orang luar negeri.

Di Indonesia sendiri, sudah lumayan banyak sekolah informal ataupun formal yang menawarkan program sarjana dibidang digital design, seperti komunikasi visual, desain grafis bahkan desain multimedia dengan kualitas yang cukup bersaing. Mereka yang masuk dalam sekolah digital design akan mempelajari typhography, gambar digital dengan software vector, teori warna, desain lay our, mengolah gambar, dasar-dasar fotografi, mengedit film, dasar-dasar pembuatan efek visual, animasi dasar, dan bahkan pembuatan game.

Jadi untuk anak-anak sma yang masih  bingung menentukan tujuan masa depan. bidang digital design ini bisa menjadi satu pilihan bagus untuk berkarir. Dan untuk para ibu yang anaknya ingin menjadi multimedia digital designer...tolong disupport ya :)

No comments: