Thursday, August 27, 2009

Asyikknya ngeBlog :)


Berhubung kegiatan lagi agak padat, blog saya jadi agak terabaikan deh :(
kali ini saya ingin membicarakan soal blog
Apa sih blog itu? tadinya saya juga bingung membedakan blog dengan website, karena buat saya keduanya mirip-mirip aja tuh :p tapi setelah lebih mendalami lagi dunia maya ini, saya mulai bisa melihat bedanya :)

Saya kenal dunia internet sekitar 13 tahun yang lalu, dan yang saya tau...kalau kita buka internet berarti kita sedang melihat satu website. Dalam pemikiran sederhana saya, website seperti rumah yang ada didunia maya. Dan saya jadi semakin mengenal dan mengerti website setelah ikutan bantu-bantu suami membuat website untuk usahanya, waktu itu suami saya membangun, saya memakai istilah ini, karena proses pembuatan website memang seperti proses membangun suatu bangunan/building. Ada ruang tamu;halaman ini biasa disebut Home, dan ruang-ruang lain yang kalau diklik masuk ke halaman-halaman yang mempunyai content/isi yang berbeda sesuai kebutuhan.
Kerjaan saya siyy gampang, cuma ngedit image dan buat tulisan aja, tapi kalo lihat kerjaan suami...lumayan ngejlimet, apalagi kalau udah masuk ke area HTML dan bahasa program...wuiihh pusing deh liat huruf berserakan gitu hehehe


Website biasanya digunakan sebagai alat representasi dari perusahaan atau perorangan agar lebih mudah dikenal dunia dan juga sebagai alat promosi, selain itu secara tidak langsung website akan meningkatkan brand image kita, baik itu usaha pribadi ataupun perusahaan :) Dilihat dari Desain layout dan isi,kalau dari sudut pandang saya, website terkesan lebih formal dan mewah (karena banyak yang menggunakan flash), mungkin karena harus membawa image perusahaan atau perorangan yang bertujuan untuk promosi produk. Sementara dari segi programing, untuk website yang bersifat multimedia, lumayan rumit karena setidaknya web designer harus menguasai minimal 3 aplikasi program sekaligus.


Oke..sekarang beralih ke blog atau weblog. Sebenarnya website dan blog sama saja, hanya proses pembuatannya saja yang agak berbeda, nahh buat para newbie...blog ini seperti website mini dalam pengertian programming yahh...karena untuk membuat blog, kita ga perlu repot dengan urusan desain atau HTML, soalnya profider blog, seperti blogger, wordpress, multiply, blogspot, atau profider blog lainnya sudah menyediakan template-template siap pakai, jadi kita tinggal menulis dan memberi gambar saja...mudah kan :)
Saya sendiri, sekarang lagi seneng banget ngeblog, saya punya dua blog, satu blog ini dengan blogger, yang satunya saya pakai wordpress. Sebenarnya saya ingin mencoba semua profider blog, tapi belum tahu mau nulis apa, jadi sementara bikin dua dulu aja.
Dari pengalaman saya, bikin blog dengan wordpress lebih mudah, karena semua fasilitas sudah disediakan

Pilihan templatenya dan fasilitasnya juga banyak, pokoknya buat newbie...bener-bener dimudahkan banget deh :) saya aja sampai belum pernah masuk ke area HTMLnya hehehe..soalnya semua tinggal klik aja.

Sementara untuk blog yang dibuat dengan blogger,buat saya lumayan agak 'sedikit' membingungkan ;p

Karena untuk membuat 'read more' kita harus masuk ke area HTMLnya..alhasil sejak 2 bulan yang lalu saya coba...sampai hari ini gaa sukses juga hehehe...padahal kalo di wordpress tinggal klik menu bar atas aja. Jadi deh, blog ini, satu layer isinya panjaaaangg ke bawah..mohon dimaklumi yahh soalnya sampai sekarang saya masih terus belajar ngutak-ngutik blog ini supaya nantinya bisa lebih enak untuk dibaca :)



No comments: